Puisi Chairil Anwar "AKU"

 Aku

Kalau sampai waktuku

‘Ku mau tak seorang ‘kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu


Aku ini binatang jalang

Dari kumpulan yang terbuang

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang


Luka dan bisa kubawa berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak peduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi!


MAKNA

Puisi Chairil Anwar yang berjudul “Aku” merupakan karya yang paling terkenal. Hampir seluruh masyarakat Indonesia yang mengenyam pendidikan setidaknya pernah mendengar atau membaca puisi ini di bangku SMP maupun SMA.
Makna puisi "AKU" sebenarnya merupakan pernyataan perlawanan melawan penjajah. Terus berjuang melawan penjajah meski harus dibayar dengan nyawa.


Sumber:
https://taldebrooklyn.com/puisi-chairil-anwar/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Indomie Seblak Macaroni

Makna Lukisan Space And Time Color